Program Studi (prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar seminar parenting untuk guru, dosen dan mahasiswa. Dengan tema ‘Ajarkan Matematika dengan Mudah dan Menyenangkan’, acara dilaksanakan di Aula Fikes, Kampus 2 UNIMMA pada Rabu (19/7). Seminar sekaligus menjadi rangkaian peluncuran Bimbel (Bimbingan Belajar) My Fun Math PGSD yang akan menjadi inkubasi bisnis mahasiswa.

Dra. Lilis Madyawati, M.Si, Dekan FKIP dalam sambutannya mengatakan salah satu tujuan seminar tersebut sebagai implementasi program institusi sekaligus penguat situasi akademik dari prodi. “Program studi PGSD yang menggagas kegiatan pada hari ini, ini merupakan satu hal yang membuktikan bahwa program studi PGSD ikut serta ambil bagian berperan aktif, berkontribusi positif mencetak, membina, meningkatkan, menumbuhkembangkan potensi anak dalam rangka melakukan pembaharuan generasi bangsa,” tuturnya.

Lilis juga menyebutkan, terdapat lima mitos sesat sekaligus memberikan persepsi negatif tentang matematika. Pertama, sebagian besar orang mengatakan bahwa matematika sulit sehingga hanya beberapa orang yang mampu memahami. Kedua, matematika merupakan ilmu dengan setumpuk hafalan rumus. Ketiga, ilmu matematika yang identik dengan kecepatan berhitung. “Bahwa matematika juga sebuah ilmu yang abstrak, jauh dari kehidupan sehari-hari. Lalu, ada pula yang beranggapan matematika itu sangat membosankan, menjenuhkan dan tidak rekreatif. Pada kesempatan hari ini, akan dikupas oleh narasumber untuk menepis lima mitos tersebut,” jelas Dekan.

Dalam seminar, dihadirkan narasumber Siti Fatimah, founder MFM Indonesia yang mengupas tentang metode belajar matematika dengan asyik dan menyenangkan. Seluruh peserta menyimak penjelasan narasumber dan antusias saat diajak berdiskusi di akhir acara.